Geo-Terpadu sebagai Sarana Pengenalan Geopark Karangsambung-Karangbolong demi Mewujudkan Kebumen Maju dan Sejahtera
Geopark (Geological Park) atau yang memiliki padanan kata taman geologi  dalam Bahasa Indonesia, adalah sebuah kawasan yang sarat akan unsur geologi. Kebumen, salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal akan keindahan pantainya juga memiliki kawasan geopark yang telah diresmikan pada 30 November 2018 sebagai geopark nasional. Geopark ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu bagian utara, timur, dan selatan. Kawasan geopark ini disebut dengan  Geopark Karangsambung-Karangbolong.
Meskipun telah diakui secara nasional, namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui dan bahkan belum pernah mendengar ataupun membaca tentang Geopark Karangsambung-Karangbolong. Belum tersosialisasikannya geopark tersebut merupakan indikator yang menunjukan bahwa perlu adanya sosialisasi yang efektif pada masyarakat sekaligus mempromosikan kawasan tersebut. Selain itu, diperlukan pula cara-cara kreatif demi tercapainya tujuan pemerintah Kabupaten Kebumen yakni menjadikan Geopark Karangsambung-Karangbolong menjadi geopark internasional.
Geo-Terpadu yang terdiri dari 8 komponen yaitu Geo-Corner, Geo-Vid, Geo-Fest, Geo-App, Geo-Tour, Geo-Ambassador, Geo-Match, dan Geo-Seminar adalah solusi terpadu, inovatif, dan aplikatif terdiri dari cara yang variatif dan unik untuk mengenalkan dan mensosialisasikan kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong kepada masyarakat luas.  Selain menjadi sarana promosi dan sosialisasi, Geo-Terpadu berkontribusi dalam mewujudkan Geopark Karangsambung-Karangbolong menjadi geopark internasional.
1.      Geo-Corner
Geo-Corner atau Geopark Corner adalah sebuah taman baca nyaman yang dilengkapi dengan rak berisi buku-buku pop-up handmade tentang Geopark Karangsambung-Karangbolong yang unik dan menarik. Hal yang unik dari Geopark Corner ini adalah buku yang disediakan bukan buku biasa melainkan buku pop-up. Buku pop-up atau yang biasa disebut dengan buku timbul adalah buku yang dilengkapi dengan gambar timbul tiga dimensi. Buku pop-up yang terdapat dalam Geopark Corner tersebut ditunjang dengan berbagai informasi mengenai Geopark Karangsambung-Karangbolong, seperti gambar yang menarik, sejarah singkat, ciri khas situs, dan penjelasan penunjang lainnya.
Geopark Corner ditempatkan di tempat umum seperti puskesmas, stasiun, terminal, rumah sakit, Satlantas, Samsat, sekolah, kantor dinas, dan lain-lain. Sembari menunggu pelayanan yang biasanya memakan waktu yang cukup lama, pengunjung dapat membaca buku di Geopark Corner.  Geopark Corner ini juga berperan dalam membudayakan masyarakat berliterasi serta mengedukasi para pembaca tentang Geopark Karangsambung-Karangbolong.
2.      Geo-Vid
Geo-Vid atau Geopark Video adalah seri film pendek berjudul Petualangan Bawor dan Sapu Ajaib yang bersifat edukatif dengan tokoh utama bernama Bawor yang berpetualang di seluruh kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong. Seri ini ditayangkan di tempat umum seperti bandara, stasiun, alun-alun, taman kota, dan kawasan umum lain di setiap kota di seluruh Indonesia dan juga diunggah di platform Youtube agar dapat dijangkau dengan mudah oleh masyarakat seluruh dunia dan mendukung terwujudnya Geopark Karangsambung-Karangbolong menjadi geopark internasional.
Untuk mencegah kebosanan viewer, setiap episode menggunakan latar tempat yang berbeda. Sebagai contoh, untuk episode 1 latar tempatnya adalah kawasan Bukit Pentulu Indah, Karangsambung, dan untuk episode 2 berlatar di Embung Cangkring yang berada di Kecamatan Sadang. Pemerintah Kabupaten Kebumen dapat bekerja sama dengan pemerintah kota-kota lain terkait perizinan penayangan di bandara, stasiun, alun-alun, dan tempat umum lainnya.
3.      Geo-Fest
Geo-Fest atau Geopark Festival  adalah festival tahunan yang merupakan ajang sosialisasi Geopark Karangsambung-Karangbolong kepada masyarakat luas. Festival ini merupakan pameran dari tiap-tiap situs yang masuk ke dalam 41 situs geologi, 10 situs budaya, dan 8 situs biologi kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong.
Dalam acara Geopark Festival, setiap situs akan menempati satu stand untuk mengedukasi masyarakat tentang situs tersebut dan menampilkan ciri khas masing-masing situs dibalut dengan kreativitas yang bersifat edukatif dan informatif. Event  Geo-Festival ini akan menarik perhatian masyarakat dari berbagai daerah untuk datang ke Kebumen dan mengenalkan Geopark Karangsambung-Karangbolong pada masyarakat.
4.      Geo-App
Geo-App atau Geopark Application adalah sebuah aplikasi berbasis tour guide dan helper di kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong di mana user dapat mengakses berbagai informasi seperti penjelasan tentang Geopark Karangsambung-Karangbolong, 59 situs di kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong, cuaca di kawasan tersebut, peta, kuliner khas, hingga harga tiket masuk. Aplikasi ini didukung dengan berbagai kelebihan diantaranya kemudahan mendapatkan aplikasi yakni tersedia di PlayStore dan AppStore serta tersedia berbagai pilihan bahasa asing agar dapat di akses oleh turis asing. Aplikasi ini merupakan salah satu media praktis untuk mensosialisasikan Geopark Karangsambung-Karangbolong.
5.      Geo-Tour
Geo-Tour atau Geopark Tour adalah paket tour di kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong yang bersifat edukatif didampingi oleh pemandu wisata. Pemandu wisata tersebut harus mempunyai pengetahuan yang cukup tentang Geopark Karangsambung-Karangbolong. Paket tour yang ditawarkan meliputi paket tour bersama pemandu wisata, transportasi dan akomodasi. Keunggulan Geo-Tour ini adalah para pemandu wisata yang multilingual atau menguasai banyak bahasa, sehingga dapat memandu turis asing. Program Geo-Tour ini merupakan ide kreatif untuk mendukung Geopark Karangsambung-Karangbolong menjadi geopark internasional.
6.      Geo-Ambassador
Geo-Ambassador atau Duta Geopark adalah sebuah ajang pemilihan perwakilan atau duta yang bertugas untuk mensosialisasikan Geopark Karangsambung-Karangbolong kepada masyarakat, khususnya generasi millennial. Perwakilan yang terpilih melalui tahap seleksi berjenjang ini nantinya akan melakukan berbagai macam promosi untuk mengenalkan Geopark Karangsambung-Karangbolong melalui platform social media seperti Instagram, Twitter, Facebook, blog, vlog, dan lain-lain.
Duta terpilih harus memenuhi kriteria tertentu seperti aktif dan positif dalam bermedia, dapat menjadi role model bagi masyarakat, anti narkoba, dan lain-lain. Sasaran utama kegiatan duta adalah para generasi millennial. Kegiatan dilakukan dengan pendekatan yang lebih modern seperti menjadi pembicara dalam seminar dan mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan alam yang dilakukan di kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong.
7.      Geo-Match
Geo-Match atau Geopark Match adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) bertema Geopark Karangsambung-Karangbolong. Karya tulis ilmiah adalah sebuah karya tulis yang bertujuan untuk memaparkan hasil penelitian  (www.blog.ruangguru.com). Lomba ini adalah ajang kompetisi bagi mahasiswa di tingkat nasional yang diikuti oleh mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.
Dalam lomba ini, perserta akan berkompetisi untuk mencari ide solutif yang aplikatif mengenai masalah yang disediakan seputar Geopark Karangsambung-Karangbolong. Secara tidak langsung, melalui lomba ini, Geopark Karangsambung-Karangbolong dapat tersosialisasikan kepada mahasiswa melalui karya tulis yang diciptakan sehingga dapat dikenal oleh mahasiswa pada khususnya, dan masyarakat luas pada umumnya.
8.      Geo-Seminar
Geo-Seminar atau Geopark Seminar  adalah seminar berbasis tour ke berbagai kota yang topiknya berkaitan dengan geologi dan pembicaranya adalah para ahli di bidang tersebut. Geo-Seminar diadakan di berbagai kota di Indonesia dan bekerja sama dengan berbegai lembaga seperti universitas dan dinas pariwisata di berbagai wilayah. Seminar tersebut berfungsi sebagai sumber ilmu terkait geologi dan sekaligus mensosialisasikan kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong. Target peserta Geo-Seminar adalah mahasiswa dan masyarakat umum yang tertarik atau berhubungan langsung dengan bidang geologi.
Belum dikenalnya kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong di kalangan masyarakat luas adalah masalah yang membutuhkan problem solving yang tepat dari seluruh komponen masyarakat Kebumen. Geo-Terpadu adalah cara solutif dan aplikatif yang dapat diterapkan agar Geopark Karangsambung-Karangbolong dapat dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia dan dunia. Geo-Terpadu juga merupakan cara untuk mendorong terwujudnya Geopark Karangsambung-Karangbolong menjadi geopark internasional.
References:

Postingan populer dari blog ini

Mbok Cok, Aktivis Kritis Krisis Air